Rabu, 19 Desember 2012

CERPEN Buatan Sendiri



Kenapa harus DVD???

Pagi itu saat sedang sarapan, gue menerima surat undangan dari seseorang. Terlihat di sampul plastic namaku “Santi Susanti di tempat”. Aku segera membuka undangan itu dan membaca isinya, ternyata itu dari temanku salah satu partner in crime banget yaitu Intan.
“Kok bisa?” Tanya gue dalem hati
Kulihat nama si calon suaminya bernama Revan Williams.
“Revan yang mana ya?” Tanya gue lagi
“Wah kayanya bule nih” Tebak gue
Kelamaan ngoceh pada diri sendiri membuat bubur yang tadi akan dimakan mencair mirip seperti munt*han (sorry). Melihat bubur berubah wujud, membuat gue mual. Bingung sesaat, “Sarapan apa ya?” kulihat di kresek udah ga ada apa-apa.
Yaudah daripada merana kelaparan dan telat ngampus, gue makan kue sisa semalem yang udah bantet kiriman dari tetangga gue yang terobsesi gantiin Farah Queen di acara masaknya, tapi apa daya mahasiswa teknik sipil ga bakat jadi chef.
Kemudian gue langsung nelpon si angga, nanyain dah dimana tapi yang terdengar malah suara laki-laki nanya sim dan stnk. Dalem hati gue ngira pasti si angga lagi dipaksa babehnya buat minjemin motor. Gue buru-buru matiin hp dan ngirim sms buat cepet datang ke rumah.
15 menit kemudian, angga nongol depan rumah sambil bunyiin klakson, gue langsung ngacir keluar sambil bawa-bawa kue yang tadi gue makan, gue sumpelin ke mulutnya dan dengan susah payah ditelen ma angga.
“Ini kue apa batu bata?” Tanya angga
“Kalo dari bentuk mirip kue, tapi keras kaya bata” Kata gue kalem
“Sial” Angga memaki
“Cepet naek! Ntar telat gue” Maki Angga
Gue yang dari tadi udah naek tanpa disadari ma angga langsung berdiri seolah-olah akan naik. Dan tak berapa lama angga langsung menggas motor maticnya kenceng-kenceng. Tepat jam 9 gue nyampe ke kampus, angga udah ngacir lagi ke tempat kerjanya. Gue masuk ke kelas dan ternyata dosen dah datang. Bu Hani yang biasanya mencak-mencak kalo ngeliat mahasiswa datang telat hari itu terlihat melankolis sekali, dia langsung mengiyakan begitu gue minta maaf datang telat.
Bu Hani hari itu sedih sekali karena ada panggilan ngisi seminar di Bangkok Thailand, dan dia sedih karena ga bisa masuk selama seminggu kedepan. Jujur tadinya gue mau teriak kegirangan tapi ga etis banget pas ngeliat anak-anak kelas acting sedih kaya gitu. Dan begitulah hari ini Cuma 1 mata kuliah dan selepas kuliah Bu Hani otomatis ga ada kuliah lagi.
Sepulang kuliah, gue pergi ke rumah si Intan yang berada tak jauh dari kampus, diseberang jalan tepatnya. Setelah ngacir ke rumahnya, ternyata orang bersangkutan lagi ke warung yang lagi-lagi berada di sebelah rumahnya, darisitu gue tiba-tiba kagum betapa besar dan luasnya dunia ini sampe bisa memuat milyaran manusia+hewan+tumbuhan beserta tempat tinggalnya.
Setelah terpesona akan betapa luasnya bola dunia, gue ketemu si intan yang membawa gembolan di kiri dan kanan tangannya. Langsung aja gue seret si Intan agar cepat membukakan pintu karena gue kebelet pengen pipis. Dan tanpa babibu lagi gue interogasi Intan, kenapa bisa buru-buru kimpoi sama si Revan, si Revan yang ga gue kenal. Intan dengan kalemnya bilang kalo si Revan itu temennya sepupunya adeknya tetangga dia. Intan bahkan nunjukin rumah Revan yang ternyata beda 3 blok dari rumahnya.
“Jadi ini yang namanya tetangga tuh? Jaraknya aja sampe 3 blok!” Maki gue
“Abis apa donk namanya kalo bukan tetangga?” Jawab Intan
“Tetangga aja deh” Kata gue pasrah
Intan juga bilang kalo mereka ketemu pas lagi jajan basotahu di gasibu hari minggu. Dan yang lebih mengejutkan lagi profesi Revan adalah polisi. Gue bingung lagi bisa ya orang bule yang jelas-jelas adalah orang luar negeri jadi polisi di Indonesia? Wah kalo gitu kepolisian Indonesia kayanya udah go International.
Sebenarnya gue ga nanya ke Intan, si Revan itu orang Indonesia apa bukan. Gue tetep pada keputusan yang menyesatkan bahwa Revan adalah bule. Dan gue baru menyadari pas lagi quiz  logaritma kalo Revan itu orang Indonesia.
Hari pernikahan pun tiba, gue didaulat jadi pager ayu sama ibunya Intan, mungkin ibunya kekurangan stok pager ayu jadilah beliau merekrut gue. Pernikahan berjalan dengan seru, mereka memakai konsep ala konser lengkap dengan stage yang berisi wedding singer. Makanan dijajarkan seperti konsep all you can eat, dress code pun dibuat kasual. Saking kasualnya ada seorang ibu-ibu memakai daster ngeloyor datang tanpa menulis di buku tamu,setelah gue tanya maksud ibu tersebut ternyata dia datang mau ngegampar suaminya yang selingkuh dengan wedding singer di acara kawinan Intan. Tak berapa lama si ibu berhasil menangkap buruannya dan langsung mengamankan sang suami agar tak diikuti oleh paparazzi. Sedangkan si Wedding singer yang ternyata adalah laki-laki macho langsung histeris dan kabur mengejar laki-laki idamannya yang telah digiring oleh wanita berdaster. Daritadi gue cuma mengamati sambil sibuk nyari sinyal buat upload foto kejadian geje itu di Instagram biar bisa dishare di Twitter.
Pesta pun berakhir pukul 11 malam setelah 4 jam, mengusik kedamaian warga di sekitar komplek rumah Intan. Gue pun ga bisa langsung pulang karena mesti ikut bantuin keluarga Intan memakan sisa hidangan yang masih nyisa biar ga mubadzir sementara orang dari catering tampak kesal karena terlalu lama menunggu. Setres ga tuh?
Gue nelpon Ari biar jemput gue, si Ari yang lagi galau berat langsung sumringah ketika tiba di rumah Intan dan ditawarin makan sisa hidangan. Tau deh gue kenapa dia seneng banget? Akhir bulan belom makan seharian. Maklum…!!
Seminggu kemudian, Intan datang menemui gue buat nagih uang yang gue aja udah lupa kapan minjemnya. Sambil minta anter ke rumah Revan.
“Masa ke rumah mertua minta anter, aneh lo?” Tanya gue
“Abis gue takut ngambilnya!” Jawab Intan
“Ngambil apa?” Kepo gue
“Warisan dari adeknya Revan” Kata Intan
“Adeknya bukannya masih idup ya? Yang kemaren datang pake dress putih” Kata gue lagi
“Hah, lo liat dimana? Udah meninggal sebulan yang lalu juga” Intan sewot
“Busyeeet” Dalem hati gue
Otomatis gue takut juga, apalagi setelah sampe di rumah Revan, terlihat ada seorang ibu-ibu memakai daster lagi ngepel, terus gue maen panggil aja
“Mbok” Kata gue
Orang yang gue panggil mbok ngeliat gue sambil mendekati pager
“Eh neng Intan, mangga masuk” Kata si Mbok
“Makasih Mah” Jawab Intan sambil ngeledek gue
“Oh itu mertua lo?” Tanya gue
“Menurut lo? Tanya Intan
“Busyeeet” Dalem hati gue (lagi)
Ibunya Revan yang seharusnya datang saat acara pernikahan anaknya itu meminta maaf karena ga bisa datang saat acara tersebut digelar karena harus dirawat di rumah sakit akibat sakit flu. Intan pun dari nada bicaranya tampak memaklumi sambil terus tersenyum, entahlah….
Kemudian Ibu Revan memberikan sebuah kardus besar yang entah berisi apa, dia menyebutnya sebagai warisan adeknya Revan. Setelah barang sampai di tangan, tiba-tiba Intan langsung pamitan dan mengajak gue untuk buru-buru pergi. Dari kejauhan ibu Revan tampak tertawa sambil menutup pager.
Sesampainya di rumah Intan, gue langsung membuka kardus itu dan terperangah melihat isinya. Intan yang tadinya ngos-ngosan karena terbirit-birit kebelet pipis langsung hening seketika melihat isi kardus itu.
“Apaan nih DVD film semua? Maki Intan
“Aslinya ga nyangka, ada film Boboiboy segala”Kata gue kalem
“Oia mana?” Tanya Intan
“Nih sambil memperlihatkan dvd tersebut”
Si Intan langsung membuka dan memasukkan CD itu ke dalam laptopnya kemudian tanpa disangka menontonnya.
“Intan ga salah lo nonton yang beginian?”
“Gue penasaran tamatnya gimana, di TV bersambung mulu” Jawab Intan kalem
“Haaaaah”
Hari Minggu Intan dan gue kemudian menggelar lapak di dekat gasibu untuk menjual koleksi DVD almh adeknya Revan, Revan sendiri ga keberatan, apalagi gue karena diiming-imingi bagi hasil 30% dari hasil penjualan. Ga disangka-sangka DVD itu laku banget sampe sold out padahal menurut gue udah kadaluarsa filmnya bayangin aja kaya filmnya Yoko dan Bibi Lung, Kungfu Boy, dll mungkin juga karena harganya yang cuma 3ribuan sehingga laris manis ngalahin tukang es teh manis disamping lapak kita. Pas mau pulang gue kebagian uang hasil penjualan 36ribu dari total penjualan 90ribu. -bersambung-





Tidak ada komentar:

Posting Komentar