Minggu, 25 November 2012

TOP Secret a.k.a The billionaire, Ada Cerita dibalik Gurihnya Tao Kae Noi


Film tahun 2011 yang satu ini recommended banget buat anak muda yang mau jadi enterpreneur yang sukses. Salah satu enterpreneur muda Indonesia yaitu Farcee sudah berkali-kali merekomendasikan film ini lewat jejaring sosial twitter tapi baru dua minggu yang lalu saya menontonnya. Film yang berdurasi 2 jam 4 menit 42 detik dan di angkat dari kisah nyata ini menceritakan tentang anak muda asal Thailand yang keras kepala dalam pencapaian keinginannya menjadi pengusaha muda. Dia dihadapkan kepada masalah keluarga, percintaan, dan juga jatuh bangunnya dalam merintis usahanya. Namun dengan keras kepala yang ia miliki ia mampu meraih kesuksesan. Mau tahu usaha apa yang dia jalani sampai mendapatkan 450 milyar rupiah pada tahun 2010?


 

Rumput laut! Iya rumput laut, tao kae noi yang sering kita jumpai di 7eleven, Circel K, ataupun di supermarket dan minimaket terdekat.

ganteng kan?
Tao kae noi katanya sih jika di bahasa Indonesiakan artinya adalah pengusaha muda. Ittipat atau lebih dikenal TOP ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia mampu menjadi pengusaha muda. Dari situlah cerita dimulai. Saat ia harus merasakan jatuh bangun merintis usahanya ditemani oleh pamannya, baik dari usaha kacang lalu pindah haluan menjadi usaha rumput laut. Belum lagi ia mulai ditinggalkan keluarganya yang terlibat hutang dan tidak mampu menyelesaikan sehingga harus ayah ibunya harus pindah ke cina menyusul kakak TOP. Perempuan yang sudah ia pacari dari SMA yang terus mendesak agar TOP melanjutkan kuliahnya karena bagi pacarnya sekolah itu lebih penting dibandingkan bekerja.
Kegilaan dalam berfikir dan bertindak yang diambil TOP itulah yang membuat ia sukses. Bukan hanya mampu melalui semua cobaan tetapi setelah dua tahun berkerjasama dengan 7eleven, TOP mampu melunasi hutang ayahnya yaitu 40 juta bath dan juga kembali tinggal dirumah mereka bersama keluarganya. Bukan hanya itu, sekarang TOP memiliki 2.500 karyawan, mengirim produknya ke 6.000 cabang 7eleven, mengekspor camilan rumput lautnya ke 27 negara, memiliki perkebunan rumput laut sendiri di korsel, dan memiliki pengahsialn untuk tahun 2010 sebesar 1.500 juta bath atau setara 450 milyr rupiah. Wiiiih umurnya masih sekitar 26-an loh. Keren kan?

“Jangan patah semangat walau apapun yang terjadi, jika kita menyerah habislah sudah” –TOP-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar